Minggu, 28 Mei 2017

Ramadhan Tentram, PAC Sidoarjo Kota Resmikan Posko Ramadhan

Sidoarjo. Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Sidoarjo mendirikan Posko untuk membantu kepolisian menciptakan ketertiban dan keamanan selama bulan Ramadan. Pada Sabtu (27/5/2017) menjelang buka puasa bersama di Pertigaan Embong-malang, Cemengkalang Sidoarjo.

Turut hadir dalam acara pembukaan sekaligus peresmian posko Ramadhan, Kepala Desa Suko, Kepala Desa Cemengkalang, Kepala Desa Rangkah Kidul, Forkopimka, Organisasi Kepemudaan Karang  Taruna serta Banom NU, IPNU, Fatayat, Muslimat dan MWC NU Kecamatan Sidoarjo.

Dalam sambutannya Ketua PC Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sidoarjo, H Rizza Ali Faizin, memberikan apresiasi kepada kader ansor sidoarjo kota sebagai respon positif atas pendirian posko ramadhan tahun ini, yang memang digelar selama satu bulan penuh".


Dengan berdirinya posko ini merupakan ajang untuk meneruskan tradisi warga nahdliyin (warga Nahdlatul Ulama-NU, red). Di sisi lain, berdirinya posko tidak hanya sekedar seremonial. Namun ini juga, untuk mendekatkan kader Banser dan Ansor kepada masyarakat,” papar Ketua PC GP Ansor Sidoarjo, Sabtu (27/5).

Lelaki yang akrab disapa Reza itu menjelaskan, pendirian posko ramadhan akan menjadi gerakan serentak di wilayah kecamatan se-kabupaten sidoarjo, setelah aksi Bersih-Bersih Masjid menjelang bulan ramadhan, dan pada malam ini pembukaan posko diawali Ansor Kecamatan Sidoarjo Kota, berlanjut ke Kecamatan Wonoayu, Tulangan, Gedangan, dan Kecamatan lainnya.

Bahkan menindaklanjuti adanya isu nasional (isu SARA) yang membabibuta, saling fitnah satu sama lain, hingga adu domba. Maka sebagai wujud cinta terhadap NKRI, kita harus bersatu untuk melawan. Disamping sebutan Posko Ramadhan, ini merupakan posko NKRI. Kami juga berharap, dengan adanya posko ramadhan ini ikut menciptakan suasana kondusif agar warga khusuk beribadah,” pungkasnya.

Selaras dengan ketua PC GP Ansor Sidoarjo, Yusak Arifin menuturkan "Alasan posko didirikan di perempatan atau pertigaan jalan, karena dianggap rawan kejahatan," cetus Ketua PAC GP Ansor Sidoarjo, ketika jumpa pers di Jl. Raya Cemengkalang. Sabtu (27/5/2017) malam.

Posko ini bakal ada hingga menjelang malam Lebaran nanti. Masih kata Yusak, Posko Ramadan ini salah satu kegiatan rutin yang digelar setiap tahun, saat bulan ramadan. Tujuan didirikannya posko, diantaranya untuk ikut membantu keamanan menciptakan rasa nyaman selama ramadan. "Sehingga warga bisa tenang menjalankan ibadah selama ramadan," jlentreh Cak Yusak, panggilan karib M. Yusak Arifin.

Sementara itu, dalam sambutan camat Sidoarjo Agus Maulidy menjelaskan dengan adanya posko ramadhan ini, juga mengucapkan terima kasih kepada Ansor dan Banser yang ikut peduli terhadap keamanan masyarakat. Bahwa “ansor dan banser memang dilahirkan untuk menjaga NKRI, sebagai jargon NKRI harga mati,” pungkas Agus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Survei Terbaru : Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah

Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat li...