Minggu, 08 Februari 2015

Penerjunan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Unsuri Surabaya

Pagi yang cerah sembari genangan air membercak dijalan raya seusai guyuran hujan kemaren malam, tak membuat susut semangat mahasiswa Universitas Sunan Giri Surabaya (UNSURI). Berlangsungnya Praktik Pengalaman Lapangan atau disingkat PPL, dilaksanan dan ditempuh oleh mahasiswa Fakultas Agama Islam selama satu bulan kedepan. Meskipun dalam sesi penerjunan lapangan berbeda waktu, pelaksanaan program tetap berjalan sesuai jadwal yang ditentukan. Adapun lokasi pemempatan PPL meliputi empat lembaga sekolah wilayah kabupaten Sidoarjo diantaranya SMP-MA BAHAUDDIN Sepanjang, SMP-SMK YPM 5 Sukodono, SMP-SMA Perlaungan serta SMP-MA BI'RUL ULUM. Sedangkan Prodi yang bernaung dibawah Fakultas Agama Islam diantaranya Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Ekonomi Syariah (ES) dan Akhwalus Syaksiyah (AS). Dalam menjalani dan memenuhi tugas akhirnya, mereka sebelumnya dibekali teknis lapangan dan beberapa materi tentang keprofesian masing-masing jurusan, pada kamis (22/01) oleh Panitia penyelenggara.

Kurangnya sistem transparansi terkait masalah administrasi pembayaran praktik lapangan, membuat banyak mahasiswa kecewa dan sesal. "Saya merasa dirugikan dengan adanya kegiatan ini yang dipungut uang lima ratus ribu rupiah, sepeserpun kami tak mengetahui dimana biaya tersebut dialokasikan", sebut salah satu mahasiswa Unsuri. Dikarenakan pembayaran tersebut merupakan sebagai persyaratan mahasiswa dalam mengikuti PPL tidak luput mahasiswa membayar dalam keadaan terpaksa, walaupun latar belakang ekonomi mereka bervariasi, mayoritas mereka menyandang ekonomi dibawa rata-rata. Dalam kondisi apapun, kalian harus memenuhi syarat administratif yang ditentukan pihak fakultas. Oleh karena itu, dapat dianalisa siapa diantara mahasiswa yang siap diwisuda ataupun tidak," Ujar Drs. H. M. Sholehuddin Sulaiman, M. Si selaku Kepala Prodi Pendidikan Agama Islam.

Sabtu (07/02), penerjunan mahasiswa yang berlokasi di SMP dan Madrasah Aliyah BAHAUDDIN Sepanjang-Sidoarjo, sudah bergulir pada siang hari sembari naungan Masjid Pondok Pesantren Bahauddin. Diawali dengan pembukaan serta pembacaan ayat suci Al-Qur'an dengan seksama diikuti oleh 60 mahasiswa beserta staff fakultas, acara serah terima Praktik Pengalaman Lapangan disambut ramah dan hangat oleh kepala sekolah yang menjabat kedua tingkat instansi ini. "Alhamdulillah, hingga saat ini pihak kampus unsuri khususnya fakultas agama islam, masih mempercayakan lembaga kami sebagai media mencari ilmu dalam menggodok dan mengarahkan para mahasiswa calon guru menjadi pendidik yang proffesional, " imbuh Pimpinan Bahauddin. Tak lepas dari itu staitement yang mengukuhkan atas berdedikasinya mahasiswa unsuri dalam membangun dunia pendidikan kearah yang lebih baik, sudah hampir lima belas tahun kampus kita bekerjasama dengan Instansi Lembaga Sekolah baik tingkat Sekolah Mengengah Pertama maupun Madrasah Aliyah salah satunya ialah Gedung Bahauddin ini," tutur Drs. H. Musyawir Baihaqi, M. Pd.I, selaku Dekan Fakultas Agama Islam.

Menjelang dhuhur mereka tetap tak kehilangan api semangat, seusai penutupan serah terima Praktik Pengalaman Lamangan (PPL) tahun akademik 2014-2015. Mereka berkumpul dan berdiskusi di forum kecil, dari masing-masing kelompok yang telah ditentukan. Mahasiswa di dampingi Dosen Pamong, membahas teknisi lapangan serta jadwal mengajar yang berakhir hingga pertengahan Maret.

Kami sudah tidak sabar melewati masa ini, karena setelah kegiatan ini kami disambut oleh Skripsi sebuah pekerjaan dan tanggung jawab penuh yang sungguh menguras tenaga serta pemikiran, "Sahut Aminur Rosyidin sembari gurauan kecil.

Wisuda didepan mata kawan, Semangat-semangat," pungkas Ali Ola Iri sapaan akrabnya, ungkapan status sosmed yang sering dikutip dari salah satu akun BBM. (Red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Survei Terbaru : Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah

Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat li...