Selasa, 29 Januari 2019

Air Terjun Enteng Jodoh

Destinasi Air Terjun Coban Canggu, di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto memiliki keindahan luar biasa. Butiran air yang cukup halus, menjadi salah satu tempat wisata alam pegunungan yang terletak di Lereng Gunung Welirang. Wisata alam ini tak pernah sepi para pengunjung, baik warga sekitar atau yang datang dari luar kota.
Untuk mencapai air terjun ini, dibutuhkan fisik yang kuat, karena akses untuk menuju lokasi terbilang melelahkan. Pengunjung harus melewati beberapa anak tangga untuk menuju ke air terjun dengan ketinggian 100 m ini. Jalan yang akan dilalui juga berkelok dan terjal dan harus menyebrangi beberapa aliran sungai.
Pengunjung juga diperbolehkan untuk mandi ataupun bermain air d coban ini, sambil melihat keriuhan monyet-monyet yang berayun di dahan pohon. Untuk tiket masuk Air Terjun Coban Canggu ini, Anda hanya perlu membayar Rp. 7.500/orang.
Pengelola wisata Coban Canggu, Didik Khusnul Yakin, mengatakan tempat wisata ini baru dibuka kurang lebih 5 bulan yang lalu. Meskipun begitu, pengunjung yang datang sudah cukup banyak. "Pengunjung rata-rata setiap hari 20 orang. Kalau akhir pekan bisa sampai 150 orang," ujarnya pada Sabtu (12/01/2019).
Didik mengungkapkan, di dekat air terjun tersebut juga terdapat sumber yang diyakini warga sekitar berkhasiat untuk enteng jodoh. Namun, itu hanya mitos dari daerah setempat. Boleh percaya boleh tidak.
Laili Mufarikha salah satu pengunjung mengaku, meski harus berjalan jauh dengan melalui anak tangga menuju lokasi air terjun Coban Canggu, hal itu tidak akan terasa capek. Karena selama perjalanan akan disuguhi berbagai pemandang alam pegunungan serta pemandangan alam pertanian yang indah.
"Tidak hanya menikmati indahnya air terjun, lokasi ini juga menjadi tempat faforit untuk latar belakang berfoto selfie," kata Rikha.
Pada musim liburan banyak pengunjung berdatangan, umumnya adalah muda-mudi. Konon menurut cerita, air terjun Coban Canggu dipercaya bisa mengembalikan hubungan keharmonisan mereka yang sedang retak. Selain itu banyak pula keluarga yang mengisi liburan bersama putra-putrinya.

Dimuat Koran SURYA, edisi: Ahad, 27 Januari 2019
*Rahmat Asmayadi, Penikmat Kopi Susu tinggal di Sidoarjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Survei Terbaru : Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah

Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat li...