Senin, 24 Desember 2018

Kumpulkan Moment, Bukan Kumpulkan Barang! 5 Tips Kantong Aman Saat Liburan

Manfaatkan moment liburan bersama keluarga atau teman, bukan hanya berbelanja
Penting untuk mewaspadai biaya liburan, jangan sampai liburan justru membawa pada sejumlah masalah keuangan
Jangan sampai menjalani liburan tanpa anggaran yang sesuai dengan kemampuan keuangan

Liburan merupakan kegiatan yang menyenangkan. Banyak orang yang gemar memanfaatkan waktunya untuk berlibur. Apalagi jika kita termasuk orang yang memiliki jiwa travelling. Dijamin kita akan memanfaatkan waktu luang untuk berlibur.
Kegiatan liburan tentu akan membutuhkan sejumlah biaya, di mana jumlah ini bisa saja terbilang cukup besar, tergantung pada kota tujuan dan juga cara menjalani liburan itu sendiri. Ramah atau tidaknya liburan yang kita jalani kepada kantong, tentu akan sangat tergantung pada cara merencanakan dan menjalaninya.
Penting untuk mewaspadai biaya liburan, terutama yang kurang kontrol terhadap keuangan sehari-hari. Jangan sampai liburan justru membawa pada sejumlah masalah keuangan, di mana terjadi pembengkakan biaya liburan yang jumlahnya berada di luar perkiraan sejak awal. Bukannya bersemangat dan bahagia setelah menjalaninya, yang ada akan stres sekembali dari liburan. Atau, bisa jadi akan segera berhadapan dengan sejumlah tagihan yang besar di dalam kartu kredit di bulan depan.
Hindari berbagai masalah setelah liburan dengan antisipasi yang tepat. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah tersebut:
Siapkan barang bawaan dengan cerdas

Lakukan packing dengan cerdas. Jangan membawa terlalu banyak barang. Cukup masukkan barang yang benar-benar penting dan tidak bisa dibeli di tempat tujuan. Dengan begini kamu tidak akan direpotkan barang bawaan selama travelling. Siapkan dokumen-dokumen penting seperti peta, tiket pesawat, kartu identitas, dan paspor. Jangan lupa untuk menyiapkan salinannya.
Simpan uang tunai, kartu, dan dokumen penting di tempat terpisah. Jika kamu mengalami kecopetan atau ketinggalan tas, dengan begini kecil kemungkinannya kamu kehilangan seluruh barang berharga.

Susun Itinerary Perjalanan yang Benar
Jangan berlibur secara mendadak, terutama ke berbagai destinasi yang cukup jauh dan membutuhkan berbagai fasilitas (seperti: kereta api, pesawat dan hotel). Akan sangat tepat jika merencanakan dan mengatur perjalanan liburan sejak jauh-jauh hari, sehingga memiliki waktu yang panjang untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Sebelum berangkat traveling, ada baiknya jika membuat itinerary terlebih dulu agar perjalanan lebih efisien dan lebih terarah. Coba disusun, berapa lama waktu liburan, dan berapa destinasi yang bisa didatangi.
Destinasi yang berdekatan bisa dikumpulkan agar bisa dikunjungi sekalian. Susun rute yang terarah dari satu tempat ke tempat lain dengan berurutan dan tidak bolak-balik.
Sesuaikan Liburan dengan Anggaran
Siapapun tentu mengharapkan sebuah liburan yang menyenangkan, lengkap dengan berbagai fasilitas yang terbaik selama menjalaninya. Namun, hal tersebut belum tentu bisa dicicipi oleh semua orang, terutama mereka yang hanya memiliki sejumlah budget liburan yang pas-pasan saja. Penting untuk menentukan dan merencanakan liburan sesuai dengan budget yang dimiliki.
Jangan sampai menjalani liburan tanpa anggaran yang sesuai dengan kemampuan keuangan, sebab hal ini berpotensi menimbulkan masalah keuangan di kemudian hari. Pilih destinasi yang tepat dan sesuai dengan biaya yang dianggarkan, sehingga bisa berlibur dengan tenang dan nyaman tanpa terbebani dengan biaya mahal yang berada di luar jangkauan keuangan.
Disiplin Mengatur Pengeluaran
Ketika berbelanja, jangan lupa kontrol diri sendiri. Jangan kalap ketika berbelanja. Ingat, sesuaikan belanja sesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai berlebihan.

Jangan sampai ketika melihat tanda diskon bertebaran, traveler jadi kalap dan langsung membeli semuanya. Jangan pula tergiur harga murah, lalu membeli suatu barang, padahal ternyata kita tidak butuh barang tersebut.

Nikmati Momen, Tunda Main Gadget
Nikmatilah semua momen saat kita traveling. Rasakan udaranya, keramaian orangnya, bentangan alam yang cantik dan adat budaya yang menarik. Setiap detiknya adalah pengalaman yang seru, jadi jangan sampai terlewati begitu saja.

Salah satu cara untuk menikmati momen traveling dengan maksimal, adalah dengan melepas gadget. Tunda dulu waktu untuk posting di media sosial, saatnya kita jelajah lebih dalam destinasinya. Kalau mau posting, bisa nanti malam saja di penginapan.

Itulah beberapa tips berguna yang bisa kamu terapkan biar kantong aman saat liburan. Semoga bermanfaat dalam perjalananmu ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Survei Terbaru : Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah

Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat li...