Sabtu, 07 Juli 2018

Sejarah EL FIKR dan FOKSMA Manbaul Hikam Tanggulangin Sidoarjo

Sejarah FOKSMA

Sebagaimana kita temukan di sekolah lainnya kita mengenal yang namanya organisasi intra sekolah atau biasa kita sebut OSIS. Begitu juga sekolah kita Manbaul - Hikam juga memiliki organisasi intra sekolah yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun banyak dari kita yang belum tau asal muasal nama tersebut kapan mulai ada ? dari siapa ? dan untuk apa ada ? nah dibawa ini kami akan mengulas satu persatu asal muasal foksma.

FOKSMA mulai tercetus sekitar tahun 2000-an karena Manbaul - Hikam mendapat undangan dari kabupaten yang bertemakan keorganisasian sekolah. Namun waktu itu Manbaul - Hikam baru berdiri Madrasah Tsanawiyah den belum mempunyai organisasi sekolah.

Berawal dari undangan tersebut. Ustad Fayakun beserta Ustad Khoirul Anam mempunyai ide untuk membuat organisasi intra sekolah dengan label santri yang akhirnya tercetus nama FOKSMA (Forum Komunikasi Santri Manbaul - Hikam) atau sekarang kita lebih mengenalnya dengan Forum Komunikasi Siswa Manbaul Hikam (entah siapa yang mengganti). Sebelumnya sempat ada organisasi yang hampir sama namanya yakni FOKMA (Forum Komunikasi Mahasiswa) milik IAIN Sunan Ampel Surabaya. Setelah terbentuk organisasi tersebut terlaksanalah pemilihan ketua yang berhasil diraih oleh saudara Farichul Jinan (cak farich) sebagai ketua FOKSMA Madrasah Tsanawiyah periode pertama.

Setelah terbentuk organisasi ini secara otomatis terbentuk juga visi misi yang kegunaannya untuk mengatur jalannya organisasi tersebut seperti halnya menjunjung tinggi nama baik organisasi maupun madrasah.

Silahkan unduh : Riwayat Kepemimpinan Foksma

Sejarah EL - FIKR

EL-FIKR mulai tercetus sekitar tanggal 1 Juni 2008. Pada saat dilakukan diklat mading yang mana pesertanya anggota FOKSMA dan perwakilan kelas. Dan pada saat itu pula anak-anak Madrasah Aliyah dituntut untuk membuat sebuah mading bahannya dari koran. Akhirnya terpilihlah mading terbaik yakni dari kelompok lbnu Mahbubah.

Setelah dilaksanakannya diklat mading lalu Madrasah menindak lanjuti kegiatan tersebut. Sehingga Sekolah dirasa perluh membuat organisasi jumalistik yang bemama "EL-FIKR". Nama ini diusulkan oleh Mas Rafi Al-Muaffaq (Alm) dengan dibantu dari WAKA Kesiswaan H. Ahmad Alawy (Alm) dengan disertai logo EL-FIKR, kemudian setelah itu pada tanggal 11 Agustus 2008. Bapak kepala sekolah Bpk Wachid meresmikan organisasi ini.

Meski pada angkatan pertama, setelah terpilihnya saudari Ibnu Mahbubah tidak dapat menerbitkan Majalah. Akhirnya terbitlah sebuah Majalah Sekolah edisi Perdana yakni pada periodesasi EL-FIKR angkatan ke - 3 oleh Rahmat Asmayadi dan aggotanya. Meskipun majalah tampil dalam suguhan hitam putih, hanya cover majalah beserta album foto yang bewarna. Kemudian disusul terbitnya Majalah Sekolah edisi ke-2, masa kepemimpinan M. Mahbub.

Setelah terbentuk organisasi ini, secara otomatis terbentuk juga visi misi yang kegunaannya untuk mengatur jalannya organisasi tersebut. Seperti halnya menjunjung tinggi nama baik organigsi maupun Madrasah.

Adapum Riwayat Kepemimpinan EL - FIKR :

2008             : Ibnu Mahbubah

2009             : M. Irfandi Asy-Syadzali

2009 - 2010 : Rahmat Asmayadi

2011             : Muhammad Mahbub

2012 - 2013 : M. Sirojuddin Kirom

2013 - 2014 : M. Rifky Fathoni

2014 - 2015 : Fikri Taufikurrahman

2015 - 2016 : M. Fauzi

2016 - 2017 : A Fani Afifullah

2017 - 2018 : M. Fathul Anwar Ashfari



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Survei Terbaru : Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah

Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat li...