Selasa, 24 Oktober 2017

Catatan Einstein Soal Teori Hidup Bahagia Dilelang

Dua catatan kecil ilmuwan Albert Einstein soal teori hidup dan kebahagiaan kabarnya akan dilelang.

Catatan tersebut ditulis 95 tahun lalu, saat Einstein melakukan perjalanan ke Tokyo, Jepang, untuk menyampaikan serangkaian kuliah umum.

Saat itu, Einstein baru saja diberitahu bahwa dirinya memenangkan Penghargaan Nobel dan kabar tersebut membuat kepopulerannya segera melejit.

Seorang kurir datang ke kamar tempat Einstein menginap di Imperial Hotel Tokyo untuk menyampaikan sebuah kiriman surat untuknya.

Diduga Einstein tidak punya uang kecil untuk memberikan tip kepada sang kurir, atau memang sang kurir menolak untuk menerima tip.

Namun, sebagai gantinya, Einstein memberikan dua catatan kecil menggunakan lembaran kertas catatan yang disediakan di kamar hotel.

"Hidup tenang dan sederhana dapat memberikan kebahagiaan yang lebih besar, ketimbang sibuk mengejar kesuksesan dan merasa tidak tenteram," tulis Einstein pada satu dari dua lembaran catatan tersebut.

"Jika ada kemauan, di situ pasti ada jalan," tulis Einstein pada lembaran yang lain.

Dua catatan tersebut kemudian dibubuhkan tanda tangan dan tanggal penulisan oleh Einstein.

"Mungkin jika Anda beruntung, dua catatan ini akan lebih berharga daripada sekadar uang tip," kata Einstein pada kurir tersebut, seperti yang dikatakan oleh pemilik catatan itu.

Si pemilik adalah seorang warga asal Hamburg, Jerman, yang menolak disebutkan namanya, dan memutuskan untuk melelang barang koleksinya itu.

Dua catatan tersebut akan dilelang Rabu (25/10/2017) di rumah lelang Winner's di Yerusalem, bersama barang-barang memorabilia Einstein yang lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Survei Terbaru : Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah

Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat li...