Minggu, 01 Juni 2014

EMPAT JURUSAN TARGET UNSURI SURABAYA

SIDOARJO - Universitas Sunan Giri (Unsuri) terus meluaskan jangkauan akademisnya. Kampus yang terletak di jalan Brigjen Katamso, Waru, itu berencana membuka empat jurusan baru. Yaitu, kimia, matematika, teknik elektro, dan informatika.

Sekretaris Unsuri Agus Anhari menyatakan, kampusnya telah mengajukan izin pembukaan empat jurusan baru tersebut ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pengajuan dikirim sejak awal 2013. Namun, persetujuan belum turun. "Jadi, tahun ini jurusan baru itu belum dibuka. Di dikti, ada bertumpuk-tumpuk dokumen universitas lain yang juga mengajukan penambahan jurusan," ujar si sekjen.

Agus menjelaskan, penambahan empat jurusan itu diharapkan mampu mengembangkan dan memenuhi standar sebuah universitas, yaitu harus ada enam program studi eksak. Sebelumnya, Unsuri baru memiliki dua jurusan eksak, yakni teknik mesin dan teknik sipil. Unsuri, tambah dia juga berharap peminat kuliah di perguruan tinggi tersebut terus bertambah. Unsuri telah mendidik 600 mahasiswa. Ditargetkan, pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2014/2015 ini, jumlah mahasiawa mencapai 1.500 orang. "Itu adalah total untuk jenjang S-1 dan S-2," katanya.

Harfiyanti Botutihe, panitia penerimaan mahasiswa baru Unsuri, mengatakan bahwa mahasiswa yang akan masuk tetap mengikuti serangkaian tes. Di antaranya, uji baca tulisan Alquran dan tes tulis pengetahuan umum, "Pemilihan jurusannya disesuaikan dengan keinginan calon mahasiswa. Tujuannya, tidak ada mahasiswa yang pindah ke jurusan lain," ungkapnya.

Dikutip: JAWA POS. Kamis 06 Maret 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Survei Terbaru : Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah

Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat li...